Lewat Fire And Snake Rescue PMR Adhi Wira Bhakti Tingkatkan Kewaspadaan

PMR Adhi Wira Bhakti adakan Fire and Snake Rescue bersama Pemadam Kebakaran Kabupaten Kebumen. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, (24/02/ 2024) yang berlokasi di SMAN 2 KEBUMEN. Dihadiri oleh 50 peserta yakni dari andik beserta dewan PMR AWB, tamu undangan dari OSIS, PRAMUKA, PASUSDA, GASPALA, dan Jurnalistik. 

Tujuan kegiatan ini adalah melatih kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar. Selain itu juga melatih mental  dan mengetahui bagaimana cara menangani kebakaran ataupun ular jika berada di dalam rumah atau di sekitar. Sesuai dengan tema yang diangkat ialah PRAGIWAKA yang bermakna Memiliki Kewaspadaan.


Kegitan diawali apel pembukaan yang dipimpin oleh Pembina Ekstrakurikuler PMR AWB, Sujatmiko A.Md.Kes, beliau berpesan untuk selalu belajar dan memahami apa yang pemateri jelaskan. 

"Apapun yang dilakukan pemateri tolong didengarkan dan jangan ketawa, kita disini akan belajar bagaimana menangani ular dan kebakaran"  ujarnya

Setelah selesai pembukaan semua peserta menuju tempat kegiatan dengan antusias. Mereka mendengarkan pemateri tentang Fire Rescue yang dibawakan oleh Muhyidin salah satu petugas Pemadam Kebakaran. Sebelum praktek untuk menangani kebakaran, Muhyidin juga menjelaskan tentang alat-alat pemadam kebakaran dan sosialisasi pencegahan berserta antisipasinya. Beliau juga mensosialisasikan tugas pemadam kebakaran yaitu penyelamatan.

"Tugas utama pemadam kebakaran adalah memadamkan dan penyelamatan. Namun bukan hanya manusia melainkan juga hewan" ucapnya. 

Setelah melakukan percobaan penanganan kebakaran dilanjutkan dengan Snake Rescue dan pemaparan materi dari Harjanto petugas pemadam kebakaran yang lain. Materi yang diberikan ialah cara menangani ular menggunakan alat dan seluruh peserta mengikuti arahan pemateri dengan baik dan riang.

Ketua Pelaksana, Risma Kartika Rahayu menyampaikan harapannya setelah kegiatan ini peserta dapat menangani bencana kebakaran ataupun ular jika memasuki rumah.  

"Harapannya ketika ada suatu bencana seperti kebakaran ataupun ular masuk rumah kita sudah siap untuk menanganinya." Paparnya

Tak hanya itu salah satu peserta Andik PMR AWB pun ikut memberi tanggapan tentang acara Fire and Snake Rescue

"Perasaanya seneng banget karena menadapatkan ilmu bagaimana cara mengangani ular dan kebakaran ntah itu kecil ataupun besar. Kedepannya tetep seru kayak gini lagi dan semangat untuk semuanya"  ujar Syifa salah satu peserta PMR AWB dengan senang.

Jurnalistik

Jurnalistik SMANDA

About

Tagar:

Bagikan Postingan ini:

Komentar:

  1. Dilarang melakukan spam pada komentar blog, posingan, agenda.
  2. Dilarang memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia
    * sara, asusila, kata - kata kasar, flaming, prostitusi, perjudian, narkoba
  3. Dilarang melakukan promosi/iklan
  4. Dilarang menyebarkan informasi palsu/hoax
  5. Dengan mengklik tombol 'Load Comment' dan/atau memberikan komentar anda setuju dengan peraturan diatas.
Privacy Policy